Tips Merawat Cat Mobil Agar Selalu Tampak Mengkilap

Apakah mobil anda tidak terlihat mengkilap dan tidak menarik? Kebanyakan orang pasti menginginkan mobilnya mengkilap karena agar menjadi percaya diri dalam mengendarainya.

Untuk mendapat mobil yang mengkilap harus melakukan tidakan yang benar. Oleh karena itu saya membuat artikel tentang ‘4 tips merawat cat mobil agar selalu tampak mengkilap’.cat mobil yang kinclong

Kalau mobil kita terlihat kotor maka membuat kesal dan tidak percaya diri untuk mengendarainya. Jadi kita harus melakukan perawatan yang rutin dan benar.Tidak sia-sia kita membeli mobil dengan harga mahal kalau motor kita bersih dan terawat.

Memang merawat secara rutin dan rajin itu tidak mudah, apalagi anda adalah pekerja yang sibuk sekali.Kebanyakan orang kalau ingin membuat mobil menjadi bersih dan mengkilap, mereka tinggal membawanya ke tempat pencucian mobil.

Mengapa kita arus ke tempat pencucian mobil kalau kita bisa mencucinya sendiri di rumah dengan menggunakan tips yang akan saya berikan untuk anda.

Hitung-hitung untuk mengurangi pengeluaran kita. Kalau kita merawat mobil dengan baik dan mobil tersebut terlihat bagus dan menarik, maka akan membuat juga harga mobil kita lebih tinggi harga jualnya.

4Tips Untuk Merawat Mobil Tampak Mengkilap

Kadang ada orang yang bertanya bagaimana sih cara merawat mobil agar selalu tampak mengkilap? Nah saya akan menjawab pertanyaan tersebut di bawah ini. Simaklah dengan seksama.

1. Kita harus mengetahui tipe dan jenis cat mobil kita

Kita mengetahui tipe dan jenis cat, gunanya untuk mengetahui produk perawatan apa yang cocok digunakan. Dan ini 3 tipe cat yang pada dasarnya umum di gunakan pada mobil:

  • Nitro Celulose (NC)

Pada cat jenis ini kebanyakan di gunakan pada mobil era tahun 80an. Tipe cet ini memiliki kekurangan yaitu tidak stabil dalam hal warna dan juga kilapnya.Maka dari itu tipe cat NC harus sesering mungkin untuk melakukan pemolesan.

Bahan dasar silikon sangat cocok digunakan untuk obat pemolesan jenis tipe cat NC.Jadi pilihlah produk yang yang memiliki bahan dasar silikon, seperti Amway Silicon Glaze.

  • Nitro Celulose Modified (NC Modified)

Pada tipe jenis yang kedua ini kebanyakan di gunakan pada mobil pertengahan era 90an. Sebenarnya tipe ini hampir sama dengan tipe NC, yang membedakannya hanyalah pada tambahan bahan hardener.

Dan bahan inilah yang dapat membuat warna cat mobil menjadi lebih kuat dan stabil. Anda bisa menggunakan produk yang sama pada tipe NC untuk obat perawatan cat mobil anda.

  • Polyurethane (PU)

Pada umumnya tipe cat ini digunakan oleh mobil tahun 2000 ke atas. Cat PU ini memiliki daya tahan yang lebih baik dari pada tipe NC maupun NC Modified. Saya anjurkan untuk masalah obat perawatan cat mobil anda menggunakan yang berbahan dasar organik.

Kalau anda menggunakan yang berbahan dasar silikon itu tidak cocok untuk tipe ini. Untuk melakukan pemolesan lebih baik menggunakan berbahan carnauba.

Produk yang bisa anda pilih seperti Zymol, Turtle Wax, Meguiar’s dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya kalau anda membeli obat perawatan tersebut, untuk mengecek dan memastikan kalau itu menggunakan bahan dasar carnauba bukan silicon.

2. Jangan gunakan compound kalu tidak dalam keadaan mendesak

Setelah tadi kita membahas jenis-jenis cat yang perlu anda ketahui dan memilih yang tepat. Sekarang selanjutnya saya sarankan untuk tidak mengguakan compound.

Jika anda gunakan secara rutin maka itu akan menyebabkan terkikisnya cat mobil anda, Yaitu ketika anda memolesnya (compound menggunakannya dengan cara memoles).

Dan memoles itu berarti mengkilapkan, dengan cara menggosoknya. Akibat dari menggosoknya tersebutlah yang menyebabkan kusam di cat anda terkikis dan menjadikannya mengkilap.

3. Menggunakan Wax sebagai pemoles

Sebaikya anda menggunakan wax untuk memoles dari pada anda menggunakan compound. Karena ini seperti lilin yang berfungsi untuk melindungi warna cat anda.

Cara pemakaiannya yaitu pertama-tama yang anda harus lakukan dengan mencuci mobil anda dan pastikan mobil anda tidak terkena oleh sinar matahari langsung. Jika mobil anda tidak terlalu kotor, tidak memerlukan lagi shampoo mobil, kalau memang sangat kotor gunakan shampoo tidak masalah.

Setelah selesai dan sudah anda keringkan dengan lap khusus. Selanjutnya anda bisa memulai untuk memoles. Proses memoles bisa anda lewati ketika keadaan mobil anda belum kusam, dan anda hanya melakukan proses waxing.

Agar mobil anda ingin selalu terlihat mengkilap dan juga bisa terbebas dari jamur, maka lakukan kegiatan waxing minimal sekali dalam sebulan.

4. Siasati kondisi cuaca

Anda usahakan dan biasakan untuk memarkir mobil di tempat yang beratap atau terhindar dari sinar matahari secara langsung. Oh ya jangan biarkan mobil anda terkena hujan secara langsung. Karena jika anda tidak langsung anda keringkan maka akan menyebabkan timbul bercak-bercak.

Begitu pula jika terkena sinar matahari secara terus-menerus akan membuat cat mobil rusak. Jauhkan juga mobil dari embun malam atau embun apapun karena itu dapat mempercepat karat di mobil anda timbul. Sebaiknya kalau di garasi tutup mobil anda dengan kantong mobil.

Demikianlah ‘4 tips merawat cat mobil agar selalu tampak mengkilap yang baik’ dan semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda. Dan anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Ingat merawat mobil agar tetap mengkilap dapat menambah nilai jual mobil anda. Sekian dari saya dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post 7 Keuntungan Menggunakan Solar Panel pada Mobil Anda
Next post Tips Cara Merawat Sepeda Motor Matic Honda Beat Berteknologi Injeksi