4 Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Mobil Anda Mogok di Jalan

Mobil mogok di jalan adalah salah satu situasi yang tidak diinginkan oleh setiap pengemudi. Apalagi jika hal ini terjadi di tengah jalanan yang sedang macet atau di tempat yang terpencil dan jauh dari bengkel. Mobil mogok bisa terjadi kapan saja apabila Anda tidak rutin melakukan servis mobil atau pengecekan kondisi mesin dan komponen lain pada mobil Anda.

Agar terhindar dari kondisi mobil mogok, Anda sebaiknya mengetahui penyebab mobil mogok mendadak, cara mengatasinya, hingga biaya jasa derek mobil mogok untuk berjaga-jaga bila membutuhkan suatu saat nanti. Berikut ini adalah 4 hal yang harus Anda lakukan jika mobil Anda mogok di jalan.

1. Mendorong mobil mogok ke bahu jalan atau pinggir jalan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mobil Anda mogok adalah memanfaatkan detik-detik berharga ketika mobil masih bisa bergerak walaupun kecepatannya melambat.

Manfaatkan waktu berharga ini untuk memposisikan mobil ke tempat yang lebih aman, sehingga tidak menghalangi kendaraan lain. Tempatkan mobil di pinggir jalan terlebih dahulu agar Anda dapat leluasa melakukan pengecekan.

Selain itu, jangan lupa untuk menaruh tanda segitiga pengaman di belakang mobil untuk memberikan pertanda kalau mobil Anda sedang mengalami masalah. Jarak mobil mogok dengan segitiga pengaman tersebut kurang lebih 3 sampai 10 meter.

2. Nyalakan lampu hazard

Saat mobil mogok di malam hari, Anda bisa menyalakan lampu hazard sebagai tanda untuk para pengemudi lainnya bahwa sedang ada mobil yang rusak sehingga para pengemudi yang lain bisa lebih berhati-hati saat melintas.

Bagaimana bila lampu hazard atau lampu penerang lainnya juga sedang rusak? Anda bisa menggunakan segitiga pengaman mobil untuk memberi tanda darurat kepada pengemudi lainnya.

3. Cek lampu indikator untuk mengetahui kondisi mobil

Setelah berhasil menepikan mobil dan memberikan tanda, kini saatnya Anda melakukan pengecekan pada indikator untuk mendeteksi masalah apa yang sedang terjadi pada mobil mogok.

Jika lampu yang berbentuk termometer menyala, hal ini berarti mobil Anda mengalami overheat, sedangkan jika lampu berbentuk aki yang menyala maka masalah ada pada aki.

Mobil Mogok Karena Overheat

Setelah menelaah masalah yang menjadi penyebab mobil mogok dari lampu indikator, jika terjadi karena overheat, maka yang harus Anda lakukan berikutnya adalah menunggu selama kurang lebih 20 menit hingga radiator dingin.

Jangan sampai gegabah langsung membukanya sebab Anda bisa terkena semburan air panas. Ketika mobil sudah mendingin, Anda bisa melakukan pengecekan pada radiator.

Jika volume air radiator kurang, Anda bisa menambahkannya dengan air biasa ataupun air coolant. Setelahnya, Anda bisa mencoba menyalakan mesin mobil kembali.

Mobil Mogok Karena Komponen Pengapian

Jika mobil mogok bukan dikarenakan overheat, besar kemungkinan mobil mogok tersebut dikarenakan komponen pengapian tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasinya, Anda bisa coba mencabut salah satu kabel busi dan menempelkan body busi tersebut ke mesin mobil dan nyalakan mesinnya.

Jika ada percikan api, maka komponen pengapian mobil Anda masih berfungsi dengan baik. Jika tidak, Anda bisa membersihkan busi tersebut dengan sikat atau ampelas dan mencobanya kembali.

4. Telepon jasa derek mobil mogok

Sekalipun Anda sudah mengetahui di mana letak kerusakannya namun Anda sulit untuk memperbaikinya, Anda bisa segera mencari bantuan mobil mogok di jalan dengan menelepon jasa derek mobil.

Di sini letak pentingnya menyimpan nomor jasa derek mobil di beberapa daerah penting yang biasa atau akan Anda lewati.

Apabila mobil mogok di jalan tol, Anda masih bisa bernapas lega karena Jasa Marga telah menyediakan layanan derek gratis di dalam jalan tol. Bagaimana bila mogoknya di luar jalan tol? Oleh sebab itu, mulai sekarang segera catat jasa derek mobil di beberapa daerah penting yang biasa atau akan Anda lewati.

Itulah tadi 4 hal yang harus Anda lakukan jika mobil Anda mogok di jalan. Tidak lupa, untuk menghindari mobil Anda mogok di tengah perjalanan, lakukan pengecekan kondisi mobil dan selalu pastikan untuk mengisi bahan bakar di SPBU terdekat dari lokasi Anda terlebih dahulu.

Untuk memudahkan para pengendara, saat ini Pertamina telah menyediakan platform untuk mengakses informasi terkait lokasi SPBU terdekat berdasarkan lokasi secara mudah dan cepat.

Demikianlah artikel tentang 4 hal yang harus Anda lakukan jika mobil Anda mogok di jalan. Semoga bermanfaat dan selamat berkendara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kenali Gejala Kerusakan pada Radiator Mobil dan Cara Mengatasinya
Next post 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Asuransi Kendaraan Bermotor